10 Kesalahan Komunikasi Terburuk untuk Karir

FIKOM UIC, Jakarta--"Bagaimana hubungan anda dengan dunia kepemimpinan di kantor?" tanya Sylvia Ann Hewlett, seorang ekonom dan presiden pendiri Center for Talent Inovasi (CTI) di New York. "Anda tidak akan menjadi pemimpin yang baik, kecuali memiliki hubungan baik dengan rekan kerja."

Menurut studi CTI terbukti bahwa seseorang harus dilihat sebagai pemimpin jika sedang promosi. Studi ini menemukan 10 kesalahan komunikasi terburuk yang langsung akan menggagalkan harapan promosi.

1. Berkomentar tentang RAS
Dari para eksekutif yang disurvei, 72% dari pria mengatakan komentar mengenai RAS adalah kesalahan besar dan 70% mengatakan hal yang sama bagi perempuan. Ini adalah pelanggaran. Pernyataan ini dapat dengan mudah menyinggung atau menghina seseorang, mencerminkan penilaian buruk dan dapat mengungkapkan kecerdasan emosional yang rendah

2. Bercanda mengenai warna kulit
Ini adalah kesalahan komunikasi terburuk kedua, sertipe dengan kesalahan yang pertama, Menceritakan lelucon yang tidak pantas tentang hal ini dapat membuat orang merasa tidak nyaman, hal ini dapat mengungkapkan ketidakmampuan Anda untuk mendapatkan interaksi yang baik dari rekan kerja. Dari 61% eksekutif percaya bisa merasakan suasana hati orang lain dan secara efektif menyesuaikan bahasa Anda, nada dan isi saat berbicara. Ini adalah salah satu keterampilan yang diperlukan untuk dipromosikan.

3. Menangis
Benar atau tidak, air mata di tempat kerja tidak akan dapat berkomunikasi mengenai potensi kepemimpinan yang anda miliki, terlebih jika anda seorang pria. "Anda harus mampu mengendalikan emosi Anda," kata seorang eksekutif perbankan laki-laki dalam penelitian ini.

4. Berucap hal yang tak mendidik
Bahwa berucap hal – hal yang tak mendidik hanya akan dapat membuat anda terlihat rendah. Para Eksekutif mengatakan, dalam berbicara menggambarkan gravitas, keduniawian dan intelektual sangat penting adanya. Dengan demikian berucap hal yang tak mendidik hanya akan segera merusak kesempatan Anda untuk dipromosikan.

5. Sumpah serapah
Mengutuk adalah hal yang tidak pantas. Hal ini dianggap tidak profesional dan tidak pantas bagi seorang pemimpin. Hal ini dapat membuat anda jauh dari kata dipromosikan.

6. Menggoda
Meskipun beberapa percaya menggoda bisa menjadi hal yang menarik di kantor, Namun hampir setengah dari eksekutif mengatakan, bahwa hal tersebut akan dapat melemahkan reputasi profesional Anda, terlepas dari apakah Anda seorang pria atau wanita.

7. Sibuk dengan diri sendiri
Hal tersebut sangat mengganggu. Para peneliti studi menemukan bahwa gelisah secara umum akan mengurangi tingkat keprofesionalan Anda. Sibuk dengan pakaian Anda atau dengan gadget Anda dalam pertemuan dapat membuat Anda terlihat tampak tidak nyaman.

8. Menghindari kontak mata
Ahli bahasa tubuh mengatakan menghindari kontak mata membuat Anda tampak seperti berbohong atau menyembunyikan sesuatu. Jika Anda berada di sebuah pertemuan, hal ini juga dapat memberikan kesan bahwa Anda tidak tertarik pada hal yang di diskuksikan.

9. Bertele-tele
Mantan eksekutif Bank of America Sallie Krawcheck mengatakan bahwa perempuan khususnya cenderung memiliki masalah dengan keheningan. "Anda harus mendapatkan kekuatan diam," katanya. Hal ini dapat membuat Anda bisa menontrol dan menempatkan diri saat berbicara.

10. Tertawa Terlalu Banyak dan Berbicara nyaring
Pemimpin mengatakan bahwa cekikikan atau tertawa terlalu banyak adalah sebuah kesalahan komunikasi utama bagi wanita, dan berbicara nyaring merupakan masalah utama bagi pria. Tawa yang tepat dan nada suara adalah indikator kesalah yang utama pada saat berkomunikasi. Para peneliti menemukan bahwa suara melengking bernada tinggi datang dari pihak pihak yang tidak dapat mengatur emosi mereka saat berinteraksi.

FORBES.COM | ANINDYA LEGIA PUTRI